a. Linux secara umum.
TENTANG LINUX SECARA UMUM
Linux merupakan sebuah system operasi dengan kemampuan multiuser dan multi tasking yang bersifat free. Free disini bukan diartikan sebagai gratis.tetapi berarti kebebasan seperti yang tertuang dalam lisensi yang dimiliki oleh linux yaitu GNU GPL (GNU is not unlix general public licence). Perangkat lunak yang mempunyai lisensi GNU GPL akan menjamin 3 kebebasan bagi para penggunanya yaitu:
a. Kebebasan untuk menjalankan perangkat lunak yang disebut dengan tujuan apapun.
b. Kebebasan untuk mengubah perangkat lunak tersebut agar sesuai dengan kebutuhan. Hal ini mengharuskan prasyarat tersediannya source code perangkat lunak tersebut.
c. Kebebasan untuk mendistribusikan salinannya ,baik secara gratis maupun biaya. Sebagai system dalam rumpun UNIX, GNU/linux mewarisi sifat sifat yang menyerupai UNIX misalnya multiuser, multitasking, line/text command based, secure, ready for network, development tiil support.

Berikut adalah beberapa distributor linux, yaitu:
a. Redhat linux
b. Mandrake linux
c. Caldera open linux
d. Suse linux
e. Slackware linux
f. Debian GNU/linux
g. Turbolinux
h. Centos
i. Ubuntu dll.

Tetapi yang ingin saya bahas disini adalah Linux CENTOS.
b. Apa itu CentOS

CentOS (Community ENTerprise Operating System) merupakan Distro Linux yang cocok dipergunakan dalam skala Enterprise selain itu juga gratis. CentOS dibuat dari source code Red Hat Enterprise (RHEL) yang dikembangkan oleh sebuah komunitas yang disebut CentOS Project.
CentOS pada dasarnya dibuat dari source code Ret Hat Enterprise yang bisa diunduh di ftp://mirrors.kernel.org/redhat/redhat/linux/enterprise. Software ini dirilis di bawah General Public License (GPL) yang selanjutnya dikembangkan oleh sebuah komunitas yang disebut CentOS Project, untuk lebih jelasnya silahkan mengunjungi situs resminya di http://www.centos.org.
CentOS saat ini sudah digunakan di seluruh dunia, beberapa komunitas, mailing list, IRC dan website tutorial dibuka dengan lebar agar semua orang bisa mempelajarinya. Sehingga untuk dukungan mengenai bagaimana membuat sebuah server dengan distro ini Anda tidak perlu khawatir, sebab seluruh pengguna yang tersebar di dunia yang aktif di komunitas, siap untuk membantu Anda.
Ada 2 alasan dasar kenapa penulis memilih CentOS sebagai sistem operasi utama sebuah server. Dalam hal dukungan, CentOS memiliki dukungan yang lebih baik, dukungan mengenai software dan hardware adalah salah satu alasan yang terpenting dari sebuah Distro skala Enterprise, selain itu Anda tidak perlu khawatir, dengan dukungan software paket untuk update, sebab jika Anda mengunakan sebuah Operating System commercial, maka anda harus membayar terlebih dahulu agar mendapatkan update yang terbaru, lain halnya dengan CentOS, dimana vendor CentOS Project memberikan support dalam produknya secara berkala. Jika anda ingin membayar dengan alasan rasa terima kasih atas dukungan yang diberikan bisa saja, tetapi tidak wajib. Biasanya Distro Linux memiliki dukungan (Life Cycles) yang relatif pendek, di sini penulis tidak akan memberikan contoh distro yang dijadikan perbandingan. Misalnya sebuah distro memiliki dukungan hanya 2 tahun, setelah 2 tahun ke depan diharuskan untuk melakukan upgrade ke release yang terbaru sebab dari itu Anda akan memiliki sedikit pilihan yaitu upgrade ke release terbaru atau membiarkan sistem tersebut dan menghiraukan update security pada distro tersebut, padahal security adalah hal yang terpenting. Diasumsikan Anda memiliki sebuah server, Anda ingin server tersebut dalam kondisi aman dan terjaga dalam paket yang digunakan, yaitu dengan cara upgrade sistem. Ada beberapa kemungkinan terburuk yang akan Anda alami.
Pertama, dalam proses upgrade sistem bukanlah perkara mudah, biasanya proses upgrade merupakan pergantian software yang lama diganti dengan software yang terbaru sehingga pasti akan ada beberapa software aplikasi lama yang tidak support dengan aplikasi yang terbaru sesuai dengan konfigurasi lama.
Kedua, setelah upgrade versi paket software yang terbaru, kebanyakan memiliki perubahan signifikan yang berbeda dengan versi sebelumnya. Jika server Anda adalah sebuah server yang harus online 24 jam maka anda menginginkan server tersebut tetap berjalan dengan baik setelah proses upgrade dan meminimalisir downtime. Tetapi pada dasarnya proses upgrade sistem akan menganti semua software menjadi yang terbaru dan tidak memedulikan konfigurasi lama Anda, dengan begitu Anda harus menulis ulang source code konfigurasi Anda yang lama dan melakukan pengetesan pada semua konfigurasi, dan hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa sistem Anda bisa berjalan dengan baik, hal tersebut merupakan pekerjaan besar dan selain itu, mengakibatkan downtime pada server yang relatif lebih lama.
CentOS dengan platform Linux Enterprise mencegah 2 permasalah tersebut sebab release pada CentOS memilik release yang memiliki kesamaan dengan versi sebelumnya hingga beberapa tahun, sehingga CentOS memiliki waktu dukungan secara berkala dari 5 tahun sampai dengan 10 tahun. Hal tersebut penting diperhatikan sebab bisa memberikan Anda banyak kesempatan untuk upgrade dan melakukan testing pada versi yang terbaru. Beberapa hal yang perlu diperhatikan bahwa Linux CentOS merupakan salah satu turunan dari Distro Red Hat yang saat ini masih menguasai pangsa pasar server seluruh dunia, CentOS saat ini menjadi alternatif Open Source yang digunakan hampir sebagaian perusahaan hosting di dunia.

C. Kekurangan & Kelebihan.

KELEBIHAN CENTOS : Kompatibel dengan Red Hat Merupakan Operating system yang handal untuk Enterprise Merupakan Operating system yang didukung resmi oleh CPanel Drivers Red hat dapat dipakai di Centos.

KEKURANGAN CENTOS : Tergantung pada distro Red Hat. Karena centos selalu keluar setelah Red Hat Kurangnya dokumentasi mengenai centos Karena Centos dibangun berdasarkan Red hat maka segala kelebihan dan kekurangan Red hat juga menjadi bagian dari centos.

RHEL (Red Hat Enterprise Linux).
Centos dibuat oleh North American Enterprise Linux. Namun berbeda dengan turunan Linux lainnya, Centos merupakan copian dari RHEL 99%. Karena Centos hanya membuang label Red Hat dan diganti dengan label generic. Jadi isi dari program Centos sama dengan RHEL. Drivers yang jalan di RHEL otomatis jalan juga di Centos. Meskipun keberadaan Centos sangar tergantung pada Red Hat namun hal ini justru memberikan nilai tambah, karena RH merupakan satu-satunya distro komersial Linux yang dipakai secara luas di perusahaan besar dan satu-satunya distro Linux yang didukung oleh CPanel (CPanel adalah kontrol panel terbanyak dipakai oleh perusahaan hosting, hampir 100% hosting menggunakan CPanel). Karena merupakan copian RHEL maka Centos juga didukung secara resmi oleh CPanel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here